Perkuat Layanan Publik Melalui Fitur Baru di Website Lapak Aduan Banyumas
BANYUMAS - Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kepercayaan terhadap pengelolaan aduan masyarakat, website lapak aduan banyumas memberikan fitur baru berupa penilaian respon tindak lanjut untuk menilai pelayanan di OPD terkait. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyumas selaku kordinator Lapak Aduan Banyumas mengundang seluruh perwakilan (Organisasi Perangkat Daerah) OPD dan Kecamatan se- Kabupaten Banyumas di Aula Kantor Dinkominfo Kab.Banyumas pada hari Rabu (11/09/24) sampai dengan Kamis (12/09/24).
Plt. Sekretaris Dinas Imam Munsyarif S.Sos.,M.Si menyampaikan bahwa penanganan di lapak aduan semakin hari membutuhkan penanganan yang lebih cepat, efisien, dan efektif. Lapak aduan menjadi salah satu penilaian yang harus dilaporkan ke bupati sebagai penilaian kinerja per OPD dan Kecamatan dalam menangani aduan masyarakat.
“Masih banyak aduan masyarakat yang statusnya masih dalam proses. Untuk meningkatkan penanganan aduan masyarakat adanya fitur-fitur untuk memudahkan dalam proses penanganan aduan masyarakat.” ucapnya.
Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Heri Purwanto, S.H menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi terkait kebijakan pengelolaan pengaduan di Kabupaten Banyumas dengan adanya penilaian ini diharapkan seluruh OPD dan Kecamatan dapat meningkatkan kualitas layanan yang terbaik terhadap masyarakat.
“Harapannya fitur ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada kinerja pemerintah, dan aduan – aduan bisa ditangani dengan cepat sampai selesai, dan sekaligus menjadi bahan evaluasi untuk OPDnya agar meningkatkan pelayanan terhadap respon masyarakat” jelasnya.
Acara ini menjadi momentum penting dalam menyatukan langkah dan meningkatkan kerjasama antar Perangkat Daerah hingga Kabupaten/Kota untuk meningkatkan pelayanan masyarakat melalui pengelolaan pengaduan di Kabupaten Banyumas yang cepat, terpercaya, transparan, dan akuntabel.