Evaluasi Kinerja Lapak Aduan, Bupati Banyumas: “Aduan Perlu Ditanggapi dan Direalisasi”

Evaluasi Kinerja Lapak Aduan, Bupati Banyumas: “Aduan Perlu Ditanggapi dan Direalisasi”

Rabu (21/12/2022) melalui kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Kinerja Lapak Aduan Banyumas yang digelar di Pendopo Si Panji, Bupati Banyumas, Achmad Husein meminta agar setiap aduan yang masuk untuk dapat ditanggapi dan direalisasikan.

“Apapun jawabannya sekalipun belum tereralisasi, sesegera mungkin dijawab. Jangan hanya dijawab, tapi juga dieksekusi,” tambahnya.

Pihak penyelenggara kegiatan, Dinkominfo Kabupaten Banyumas yang diwakili oleh Kepala Dinas, Yayah Setiyono dalam laporannya menjelaskan bahwa selama empat tahun berdirinya Lapak Aduan Banyumas, sebanyak 42.478 aduan telah diterima, 41.686 diantaranya telah direspon, dan 792 aduan dalam pemrosesan (data per 16 Desember 2022).

Dari 12 kanal yang disediakan untuk mengadu, mayoritas aduan masuk via Whatsapp. Sementara jumlah aduan berupa keluhan dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan.

Dari evaluasi tersebut, Yayah Setiyono berharap Lapak Aduan dapat menjadi ruang komunikasi publik yang terus dipercaya sekaligus sebagai jembatan amanah rakyat dan pemerintah di Kabupaten Banyumas.

Di kesempatan yang sama, Bupati Banyumas juga menyerahkan penghargaan atas kecepatan pelayanan dan penyelasaian aduan pada Pengelola Aduan yang meraih angka peinilaian tertinggi. Hal tersebut bertujuan untuk memotivasi perangkat daerah/instansi/BUMD dalam mengelola aduannya.

Dari penilaian yang telah dilakukan oleh Lapak Aduan sampai tanggal 16 Desember 2022, didapatkan empat peraih nilai tertinggi yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perhubungan untuk kategori dinas, Kecamatan Ajibarang dan Kecamatan Sokaraja untuk kategori Kecamatan.