Dinkominfo Banyumas Gelar Desk Penyusunan Metadata Statistik Sektoral

Dinkominfo Banyumas Gelar Desk Penyusunan Metadata Statistik Sektoral

Dalam rangka percepatan implementasi Satu Data di Kabupaten Banyumas, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Banyumas menyelenggarakan Desk Penyusunan Metadata Statistik Sektoral, pada Kamis (29/9/2022) bertempat di ruang rapat Dinkominfo. Kegiatan melibatkan 29 Perangkat Daerah selaku produsen data, juga dihadiri oleh perwakilan dari BPS sebagai pembina data. Desk dilaksanakan sebagai lanjutan dari kegiatan Pelatihan Metadata Statistik yang telah dilaksanakan pada Bulan Juli lalu.

Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Andiono pada saat membuka acara menjelaskan, dasar penyusunan metadata statistik sektoral mengacu pada tugas pokok dan fungsi (tusi) masing-masing Perangkat Daerah. Tusi diterjemahkan menjadi kegiatan Perangkat Daerah yang menghasilkan data statistik sektoral. Kepada peserta desk, Andiono juga mengingatkan tentang pentingnya integrasi dan interoperabilitas data agar kedepan data-data statistik sektoral yang tersedia dalam sistem informasi tiap Perangkat Daerah dapat terhubung dengan Portal Satu Data Kabupaten Banyumas.

Mengawali diskusi dengan peserta desk, Sub Koordinator Statistik, Sarlan menyampaikan paparan mengenai penyelenggaraan Satu Data di Kabupaten Banyumas dan urgensi penyusunan metadata sektoral. Kegiatan dilanjutkan dengan memeriksa satu-persatu data dan metadata statistik sektoral yang telah dibuat oleh masing-masing Perangkat Daerah, dan melakukan perubahan atau perbaikan yang diperlukan dengan bimbingan dan arahan dari BPS.

Sarlan mengharapkan, melalui kegiatan desk ini akan terhimpun data dan metadata statistik sektoral yang lengkap dan valid dari masing-masing Perangkat Daerah yang siap untuk di-input kedalam Portal Satu Data Kabupaten Banyumas. “Kegiatan desk ini sebagai bentuk upaya untuk mewujudkan standar data statistik sesuai ketentuan Satu Data Indonesia,” katanya. “kegiatan ini menjadi semacam pancingan, agar dari masing-masing Perangkat Daerah tersedia minimal satu data beserta metadatanya,” imbuhnya.

“Harapan kami, setelah kegiatan ini seluruh Perangkat Daerah semakin terpacu untuk secara bertahap melengkapi data dan metadata sesuai dengan tusi mereka masing-masing, sehingga konten Portal Satu Data Kabupaten Banyumas semakin lengkap dan bisa segera dilaunching agar dapat memberi manfaat bagi masyarakat” pungkasnya. [GungBeWe].