Rapat Koordinasi Dewan Smart City Kabupaten Banyumas Tahun 2022

Rapat Koordinasi Dewan Smart City Kabupaten Banyumas Tahun 2022

DINKOMINFO - Peningkatan kualitas dan keunggulan layanan publik menjadi perhatian pemerintah. Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo transformasi digital di pemerintahan diperlukan untuk mempercepat pelayanan publik kepada masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Drs. Yayah Setiyono, MM.  menyampaikan saat ini Pemerintah Kabupaten Banyumas melakukan konsolidasi dan streamline beragam aplikasi layanan publik yang dilakukan sehingga akan memudahkan pelayanan pemerintahan dengan menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui program unggulan/ quick win smart city Kabupaten Banyumas.

“Penerapan SPBE diharapkan dapat mendukung perwujudan integrasi data di pemerintah Kabupaten Banyumas melalui antar lembaga pemerintah dan non pemerintah sehingga dapat mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik lagi dan dapat diandalkan oleh masyarakat,” ucapnya dalam Rapat Koordinasi Dewan Smart City Kabupaten Banyumas, di d’Garden Resto Jalan DR. Soeparno No.97 Arcawinangun, Rabu (14/09/2022).

Dalam Rapat yang dihadiri 100 lebih tamu undangan Kepala Dinas Kominfo  menjelaskan saat ini pemerintah Kabupaten Banyumas mengusulkan 7 program unggulan atau Quick Win Smart City.

“Dimensi Smart Government aplikasi yang diusulkan SIPANJIMAS OPD pengelola DPMPPTSP, Dimensi Smart Branding lewat aplikasi DOLAN BANYUMAS OPD pengelola DINPORABUDPAR, Dimensi Economy aplikasi E-RETRIBUSI OPD pengelola DINPERINDAG, Dimensi Society ada dua aplikasi PSC 119 SATRIA dan SUSANMAS OPD pengelola Dinas Kesehatan serta Bagian Organisasi, Dimensi Smart Living aplikasi SIMPKB OPD pengelola Dinas Perhubungan, dan terakhir Smart Environment aplikasi SALINMAS OPD pengelola DLH, ” jelasnya.

Di hadapan tamu undangan Rakor Dewan Smart City yang hadir, Kepala Dinas Kominfo menegaskan penerapan SPBE akan melibatkan berbagai instansi pemerintah, baik dari lembaga dan badan pemerintah.  Targetnya menjadikan layanan pemerintah Kabupaten Banyumas lebih terpusat. “dalam mewujudkan Kota Cerdas/ Smart City diperlukan adanya kerjasama dan kolaborasi secara aktif antar lembaga pemerintah dan non pemerintah, melalui rapat koordinasi ini diharapkan terjalin sinergi yang optimal diantara seluruh peserta rapat sehingga dapat mewujudkan Banyumas Smart City bagi kesejahteraan masyarakat khususnya Kabupaten Banyumas,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kominfo Drs. Yayah Setiyono, MM. didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Banyumas, Dr. Ir. Irawadi, CES; perwakilan dari DANDIM 0701/ Banyumas, dan beberapa Dinas OPD Kabupaten Banyumas.