Sharing Ilmu, DINKOMINFO Banyumas Gandeng BSSN dalam Workshop Digital Forensic

Sharing Ilmu, DINKOMINFO Banyumas Gandeng BSSN dalam Workshop Digital Forensic

Senin (27/06/2022), bertempat di Aula DINKOMINFO Kabupaten Banyumas, sejumlah pejabat stuktural dan fungsional serta staf dari bidang SPITIK dan APTIKA mengikuti kegiatan Workshop Digital Forensic. Workshop tersebut merupakan kerjasama antara Dinas Komunikasi dan Informatika dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Acara diawali dengan sambutan pembuka oleh Sekretaris Dinas KOMINFO, Lili Mudjianto, S.Sos. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan banyak terimakasih pada BSSN serta meminta para peserta workshop agar dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan sungguh-sungguh.

Kepala Bidang Aptika, Andiono S.T., M.Eng, beserta kepala Bidang SPITIK Imam Munsyarif, S.Sos., M.Si tak luput ikut memberikan sambutan singkat. “Kami sangat berterimakasih kepada BSSN yang sudah bersedia hadir juga menularkan ilmunya. Harapannya teman-teman disini (peserta DINKOMINFO) bisa belajar dan mengimplimentasikan kedepannya agar bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi”, pungkas Andiono.

Pada pertemuan ini, workshop dibagi menjadi beberapa sesi dengan tiga narasumber dari BSSN. Dalam sesi pertama diisi dengan materi Pengenalan Dasar Forensik Digital oleh Bangkit Hardiawan. Dilanjut dengan sesi berikutnya oleh Dahlia Yurike mengisi materi Akuisisi Non Volatile Data. Lalu pada sesi ketiga dengan materi Akuisisi Volatile Data. Dan sesi terakhir bersama Bangkit Herdiawan mempelajari tentang Analisis Bukti Digital.

Dalam workshop session ini, masing-masing peserta berkesempatan untuk mempraktikan tiap materi yang menjadi pembahasan menggunakan tools yang sudah disiapkan. Rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar dan kondusif. Diakhir acara ditutup oleh pihak DINKOMINFO dan tim BSSN.