“iPerpusda Banyumas Aplikasi Untuk Membaca dan Meminjam Buku”

“iPerpusda Banyumas Aplikasi Untuk Membaca dan Meminjam Buku”

       

          Dinkominfo-Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas membuka fasilitas membaca dan pinjam secara online (ebook). Kasi Pelayanan Pelestarian dan Deposit Bahan Perpustakaan (PPDB) Sutiarto mengatakan ada aplikasi iPerpusdaBanyumas dan website silibry.banyumaskab.go.id yang bisa diakses pengunjung.

 “Fasilitas online di Arpusda sudah ada sejak tahun 2020 di awal pandemi bisa di akses secara online pengunjung bisa download aplikasi iPerpusdaBanyumas di PlayStore tinggal download dan registrasi saja disitu nanti log in, pengunjung dapat membaca secara online, untuk website kami punya silibry.banyumaskab.go.id disitu bisa membaca dan booking untuk peminjaman buku”jelasnya.

 Layanan ruang baca online di Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Banyumas sudah ada 1.294 exampler dan 647 judul yang dapat diakses pengunjung, pengunjung akan diberikan waktu selama 3 hari untuk membaca, dan membaca yang lainnya selama ebook tidak dipinjam orang lain.

 “Kita memberikan waktu 3 hari bagi pembaca, setelah 3 hari nanti akan menghilang. Pembaca bisa membaca lagi bukunya atau buku yang lain selama tidak dipinjam juga dengan pembaca yang lain. Di aplikasi sudah ada keterangannya buku itu dipinjam atau tidak,” pungkasnya.

 Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas akan berencana untuk menambah koleksi buku dan ebook di tahun 2022 ini, untuk menambah minat pembaca warga di Kabupaten Banyumas.