Kunjungan Ke KIM Kota Pekalongan dan KIM Kabupaten Grobogan

Kunjungan Ke KIM Kota Pekalongan dan KIM Kabupaten Grobogan

Pada hari Selasa dan Rabu tanggal 13-14 Maret 2018, Dinas Kominfo Kabupaten Banyumas dan KIM Kabupaten Banyumas melaksanakan pembelajaran terkait dengan Kegiatan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ke KIM Kota Pekalongan dan KIM Kabupaten Grobogan. Untuk kunjungan yang pertama pada hari Selasa tanggal 13 Maret bertempat di KIM Kota Pekalongan dan diterima oleh Ibu Nurul Indrawati, SH,MH selaku Kasi Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dan Layanan Informasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan. Beliau menerangkan bahwa di Kota Pekalongan terdapat 12 KIM yang dibentuk oleh Keputusan Wali Kota Pekalongan Nomor : 555/524 Tahun 2015 dan untuk Tahun 2018 sedang dirancang membentuk KIM Penerangan. Pembinaan yang telah dilakukan oleh Kominfo Kota Pekalongan kepada KIM Kota Pekalongan berupa peminjaman eks Rumah Dinas Kelurahan Keraton Kidul untuk Sekretariat KIM, pemberian fasilitas computer dan akses internet serta diberikan pelatihan pembuatan blog.

Dilanjutkan pemaparan KIM OLEH Bapak Zaenal Mubbihin, S.Pd selaku Ketua Forum KIM Kota Pekalongan yang menyampaikan bahwa KIM Kota Pekalongan berasal dari Forum Komunikasi Masyarakat Keraton Kidul (FKMKK) yang berdiri tahun 2006 dan KIM saat itu di bawah Humas berfungsi untuk menyampaikan informasi/melakukan diseminasi informasi dan untuk memfasilitasi komunikasi warga dengan pihak-pihak lain antara lain Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja, KPU dan lain-lain.

Kunjungan dilanjutkan esok harinya pada hari Rabu tanggal 14 Maret 2018 ke kantor Kominfo Grobogan yang diterima oleh Bapak Wiku Handoyo, SH. MH selaku Kepala Dinas Kominfo dan didampingi Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik. Beliau menyampaikan sekilas mengenai selayang pandang Kabupaten Grobogan. Di Grobogan sudah terbentuk 9 KIM dari 9 desa dan 9 kecamatan serta masih ada 10 KIM lagi yg akan segera dibentuk. KIM mulai dibentuk pada tahun 2015 yang semula hanya 7 KIM.  Pembinaan yang telah dilakukan oleh Dinkominfo Kabupaten Grobogan berupa pelatihan terkait jurnalistik dengan nara sumber dari provinsi dilaksanakan pada tahun 2017.

Selanjutnya ada pemaparan oleh Peri Kristanto Ketua KIM Crewek Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan yaitu KIM dibentuk oleh warga melalui musyawarah warga jadi KIM dari warga, oleh warga dan untuk warga. Jumlah KIM yang sudah terbentuk ada 9 KIM. Awal berdirinya KIM Crewek Kecamatan Kradenan yang berdiri pada Oktober 2011 dengan nama Pe Er Production, Kemudian pada Juni 2015 berdiri Crewek Media Center selanjutnya pada 2016 diinisiasi oleh Dinas Kominfo Kabupaten Grobogan dibentuklah KIM Crewek Kecamatan Kradenan.

Kunjungan dilanjutkan ke KIM Crewek Kecamatan Kradenen Kabupaten Grobogan untuk melihat hasil-hasil home industry dari pemuda yang tergabung KIM Crewek.

Related Posts

Komentar