FGD Pengumpulan Data Infrastruktur Jaringan dan Teknologi Informasi se Eks Karesidenan Banyumas

FGD Pengumpulan Data Infrastruktur Jaringan dan Teknologi Informasi se Eks Karesidenan Banyumas

Bertempat di Ruang Rapat Dinkominfo Kabupaten Banyumas, para pengelola Infrastruktur Jaringan dan Teknologi Informasi se Eks Karesidenan Banyumas berkumpul bersama di Selasa (18/2/2020) ini. Dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Banyumas, Drs. Yayah Setiyono MM., acara dihadiri pula oleh Kabid TIK Dinkominfo Provinsi Jawa Tengah Bapak Ahmad Saifilah, ATD. MT dan pihak konsultan Inixindo Yogyakarta.

Kadinkominfo Kabupaten Banyumas mengajak peserta untuk berbagi informasi dan solusi permasalahan yang dihadapi terkait infrastruktur jaringan dan teknologi informasi di seputar eks Karesidenan Banyumas. Sementara itu dalam pengantarnya, Kabid TIK Dinkominfo Provinsi Jawa Tengah mendorong kesesuaian dan integrasi program lintas Kabupaten dan Provinsi. Hal ini sejalan dengan rencana Dinkominfo Provinsi Jawa Tengah untuk melakukan integrasi jaringan TIK, khususnya pengembangan infrastruktur jaringan TIK berbasis fiber optic.

Acara dilanjutkan dengan paparan kondisi infrastruktur TIK masing-masing perwakilan Kabupaten dipandu oleh Bapak Gatot Widodo, dimulai dari Dinkominfo Kabupaten Banyumas, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Cilacap. Beberapa keunggulan, standardisasi teknis, kekurangan dan usulan disampaikan dalam acara ini. Terkait usulan pemberian bantuan keuangan dari Provinsi Jawa Tengah ke kabupaten/kota, disyaratkan adanya master plan jaringan TIK dan adanya data center. Dari pihak konsultan, menyampaikan bahwa konsep SPBE, smart City pada prinsipnya adalah Satu Data Indonesia. Integrasi infrastruktur baru awal untuk integrasi lapis selanjutnya misalnya Integrasi aplikasi dan infrastruktur aplikasi. Acara dilanjutkan diskusi antar Kabupaten dan selanjutnya ditutup oleh Kabid Sandi, TIK Dinkominfo Kabupaten Banyumas Bapak Ir. Sutarno, M.Si.

Related Posts

Komentar