Rapat Koordinasi PPID Pembantu se-Kabupaten Banyumas Tahun 2019

Rapat Koordinasi PPID Pembantu se-Kabupaten Banyumas Tahun 2019

PPID adalah kepanjangan dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, dimana PPID berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dengan keberadaan PPID maka masyarakat yang akan menyampaikan permohonan informasi lebih mudah dan tidak berbelit karena dilayani lewat satu pintu.
PPID adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di badan publik. Untuk lebih membantu para PPID maka Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyumas mengadakan Rapat Koordinasi PPID Pembantu se Kabupaten Banyumas di Furama Restaurant pada hari Kamis tanggal 01 Agustus 2019

Peserta diikuti oleh para PPID Pembantu se Kabupaten Banyumas yaitu Sekretaris Dinas, Sekretaris Kecamatan dan Sekretaris Desa yang ada di wilayah Kabupaten Banyumas berjumlah sekitar 100 orang.

Untuk laporan penyelenggaraan oleh PPID Utama Kepala Dinas Informatika dan Komunikasi Bapak Drs. Yayah Setiyono, MM dilanjutkan dengan sambutan Atas PPID Utama yaitu Sekda Kabupaten Banyumas Bapak Ir. Wahyu Budi Saptono, M.Si

Dilanjutkan kemudian materi pengisian oleh Bapak Handoko Agung Saputro, S.Sos yang memberikan sosialisasi tentang Standar Layanan Informasi Publik Kabupaten Banyumas Tahun 2019. Bagaimana kewajiban badan publik dalam penyediaan Informasi Publik, Kemudian cara menyusun Daftar Infomasi Publik dan harus dibedakan mana Daftar Informasi Publik yang terbuka dan yang dikecualikan. Dilanjutkan cara menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP).

Untuk Program Monev dan Penilaian Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2019 mengambil tema Keterbukaan Informasi dalam Pelayanan Publik. Tujuan dilakukannya evaluasi tata kelola keterbukaan Informasi dalam pelayanan publik. Dilanjutkan pelaksanaan dan keputusan badan public dalam melaksanakan pelayanan keterbukaan informasi publik.

 

Related Posts

Komentar