Pelatihan KIM Oleh Dinas Kominfo Kabupaten Banyumas

Pelatihan KIM Oleh Dinas Kominfo Kabupaten Banyumas

KIM adalah lembaga masyarakat yang berfungsi mengelola informasi dan komunikasi antar warga masyarakat. Untuk memperlancar penyampaian informasi dari masyarakat ke Pemerintah dan sebaliknya, diperlukan KIM yang mampu berperan dalam peningkatan akses informasi tersebut pada masyarakat dan pemerintah.

Untuk memfasilitasi hal tersebut maka diadakan Pelatihan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyumas Tahun 2019 pada hari Selasa tanggal 23 April 2019 bertempat di Hotel Dominic Purwokerto.

Acara dibuka oleh Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfo Purwantoro, SH

yang mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan dan diharapkan dengan pelatihan ini akan menambah ilmu untuk berbagi informasi.

KIM yang ada di Kabupaten Banyumas dan sudah terbentuk adalah KIM Bawor, KIM Perak Emas dan KIM KIMBA serta 15 KIM yang ada di tingkat Kecamatan.

Sebagai narasumber yang pertama adalah Peri Kiswanto dari KIM Kabupaten Grobogan yang memberikan materi Paparan Kelompok Informasi Secara Umum. Salah satu KIM Grobogan yang berbasis Media Sosial adalah KIM Crewek yang diinisiasi pada September 2016 oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Grobogan

Narasumber berikutnya adalah Muhammad Irfan Bahtiar, Amd dari Media Online Info Purwokerto yang memberikan materi tentang Paparan Penjualan Secara On Line dan mengingatkan pentingnya branding Social Media agar mudah diingat, pasar yang tepat dan lebih dipercaya.

Sebagai narasumber terakhir adalah Cocos Trisada, SE dari KIM Bawor Kabupaten Banyumas yang memberikan materi Paparan Pengembangan Dunia Usaha Melalui UMKM. KIM BAWOR sebagai wahana pemberdayaan ekonomi masyarakat berfungsi mendorong masyarakat untuk menggerakan aktifitas ekonomi termasuk meningkatkan produktivitas produk dan kreativitas kerja dengan memanfaatkan informasi sebagai nilai tambah untuk mencapai kesejahteraan dan meningkatkan taraf hidup.

 

Purwokerto, 24 April 2019

 

Related Posts

Komentar