Gathering PPID Kabupaten Banyumas di Banyuwangi

Gathering PPID Kabupaten Banyumas di Banyuwangi

Hari Rabu tanggal 31 Oktober 2018 bertempat di rumah makan oseng deles cafe n resto Banyuwangi diadakan acara gathering PPID. Dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaaan Masyarakat desa Banyuwangi, Kepala Dinas Kominfo Banyuwangi, peserta study komparasi dari Sekretaris Kecamatan Pemda Kab Banyumas serta jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyumas.

Disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo bahwa pelyanan publik di Kabupaten Banyuwangi sanpai ke desa-desa di Banyuwangi sdh menggunakan sistem informasi berbasis IT salah satu programnya adalah "smart kampung"  sebagai program pembangunan desa yang menggunakan teknologi informasi.

Smart kampung merupakan hasil rekayasa untuk menciptakan kampung yang cerdas, Desa harus kreatif melayani publik dengan baik, APBDes yg terdiri dari ADD yang merupakan bantuan kabupaten/APBD dan DD /dana desa dari pusat harus dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam mengembangkan potensi desa . Kecamatan dalam hal ini terus memaksimalkan kinerjanya dalam memberikan pemberdayaan fasilitasi dan evaluasi dari mulai perencanaan APBDes sampai terbentuknya APBD desa.

Bagaimana mendongkrak indek pembangunan desa,  salah satunya  adalah pola pembangunan tetap digiring dengan pola botum up planing melalui musyawarah dusun dan desa

Pendekatan indek pembangunan (IPM-des) desa di Kabupaten Banyuwangi  juga melihat dari kondisi  potensi desanya, contoh desa Tamansari kecamatan Licin  dibawah gunung ijen diberikan pelatihan bahasa Inggris karena banyak turis yang mendaki gunung ijen. Kemudian ada desa yang dilatih pengelolaan buah naga dan sebagainya, hal ini tergantung dari potensi desa masing masing.

Ada yang menarik perlombaan antar desa tentang pembutan film potensi desa yg di pandegani oleh dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa bersama dinas Kominfo yang memberikan suporting dalam bidang IT nya. Hal ini bisa jadi referesinya dinas Kominfo kabupaten Banyumas kedepannya untuk meniru dan mengadaptasi kegiatan tersebut.

 

Purwokerto, 02 November 2018

Related Posts

Komentar