Sanggar “Sekar Jagat” Desa Sudagaran Banyumas Raih Juara 3 Tingkat Provinsi

Sanggar “Sekar Jagat” Desa Sudagaran Banyumas Raih Juara 3 Tingkat Provinsi

Sanggar Sekar Jagat yang beralamat di Desa Sudagaran, Kecamatan Banyumas, tampil memukau di Panggung Budaya Pekan Raya dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah di Semarang, Minggu (26/8).

Sanggar asuhan Ida Sulistiyarini SPd tersebut mewakili Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kabupaten Banyumas dalam Final Festival Pertunjukan Rakyat FK Metra se Jawa Tengah.

“Sebelumnya, FK Metra Kabupaten Banyumas mengikuti babak penyisihan di Pekalongan dan masuk enam besar. Penampilan di PRPP kali ini adalah babak final yang diikuti enam kabupaten/kota,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Banyumas, Drs Santosa Edy Prabowo.

Penampilan teatrikal Sanggar Sekar Jagat melibatkan 16 personel, terdiri delapan pengiring musik dan delapan penari sekaligus pemain peran. Inti pesan yang disampaikan adalah pentingnya penciptaan suasana aman-damai dan tanpa hoax dalam rangka menyongsong pemilu 2019 yang akan datang.

“Melalui pertunjukan yang segar dan menghibur, kami juga mengimbau masyarakat untuk menjauhi praktik politik uang, tidak ikut-ikutan melakukan hasutan maupun ujaran kebencian,” kata Khrisna, Sutradara Sanggar Sekar Jagat.

“Alhamdulillah, tahun ini FK Metra Kabupaten Banyumas meraih jura ketiga. Semoga tahun mendatang prestasinya akan lebih baik lagi,” kata Purwantoro SH, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinkominfo Kabupaten Banyumas.

Atas prestasi tersebut, FK Metra Kabupaten Banyumas memperoleh piala penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp 5 juta.

Untuk diketahui, Festival Pertunjukan Rakyat FK Metra merupakan agenda tahunan di bawah koordinasi Dinkominfo Provinsi Jawa Tengah dan melibatkan seluruh FK Metra kabupaten/kota yang ada.

Related Posts

Komentar