Sosialisasi Pemeringkatan PEGI dan Intelijen Media Management

Sosialisasi Pemeringkatan PEGI dan Intelijen Media Management

Dinkominfo Provinsi Jawa Tengah Pada hari Selasa tanggal 26 September 2017 Bertempat di Kantor Gubernur Jawa Tengah Lantai 2A Semarang , Menggelar acara Sosialisasi konsep desain Sistem Aplikasi intelijen media dan Penyampaian Hasil Pemeringkatan e-government Kab/Kota se- Jawa Tengah tahun 2017.

Dengan Menghadirkan Nara sumber dari Tim Indonesia Indikator Jakarta, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Assisten Administrasi Sekda Provinsi Jawa Tengah, Kegiatan ini dihadiri oleh Peserta Dinas Komunikasi dan Informasi Se-Provinsi Jawa Tengah.

Mengawali acara Tim Indonesia Indikator, Ibu Rustika Herlambang mempresentasikan Sistem Aplikasi Inteligen Media ManagementSistem Kerja Aplikasi ini bekerja 24 jam secara real time dengan menggunakan robot yang melakukan media monitoring untuk mengumpulkan content media online, cetak, dan TV serta melakukan media analysis dalam memberikan kajian secara lengkap mulai dari timeline, influencers media, sentiment media dan penelusuran obyek pemberitaa secara detail.  Semua proses tersebut dilakukan oleh software. Sistem ini mengambil dan mengelola miliaran data dari 2000 lebih media online seluruh dunia, 120 media cetak, 8 stasiun televisi, social media Twitter, Facebook, Instagram, Youtube, yang diambil secara otomatis oleh robot, melalui aplikasi ini tentulah sangat membantu pelayan pemerintah secara elektronik Jelasnya.

Selanjutnya Bapak Assisten Administrasi Sekda Provinsi Jawa Tengah, menyampaikan tujuan Pemeringkatan eGovernment Indonesia (PeGI) mempunyai tiga tujuan utama  yaitu (1) Menyediakan acuan bagi pengembangan dan pemanfaatan TIK di lingkungan pemerintah. (2) Memberikan dorongan bagi peningkatan pemanfaatan TIK di lingkungan pemerintah melalui evaluasi yang utuh, seimbang dan obyektif. (3). Mendapatkan peta kondisi pemanfaatan TIK di lingkungan pemerintah secara nasional. 

Bapak Assisten juga mengucapkan terimakasih kepada kab/kota atas upaya meningkatkan pelayanan pemrintah  berbasis elektronik serta mengucapkan selamat kepada Pemenang Pegi dari Kabupaten Sragen (sebagi Peringkat 1), Kota Semarang (Sebagai Peringkat 2) dan Kota Pekalongan (sebagai Peringkat 3). Bagi  Kabupaten/Kota yang belum mendapakan nominasi untuk terus melakukan upaya yang terbaik , optimis untuk mengembangkan pelayan e-governent yang bisa diimplemetasikan kepada masyarakat. Kabupaten Banyumas dalam hal ini menduduki peringkat ke -5 dari 35 Kabupaten/Kota Se Provinsi Jawa Tengah.

Mengakhiri acara, Kordinator  dan Supervisi Penegakan Korupsi-KPK  di dalam sambutanya sangat mendorong pemerintahan berbasis e-government, harapan yang terpenting adalah pembangunan aplikasi e government disertai dengan implementasi dan nilai manfaat terhadap masyarakat. Beliau juga menyampaikan bahwa Kejahatan Korupsi adalah kejahatan tersembunyi untuk itu perlu dilakukan penyeleggaraan pemernintahan yang terbuka /transparan dan salah satunya melalui pemerintahan berbasis teknologi elektronik demikian pungkasnya.  (S.Ros)

Related Posts

Komentar